Skip to main content

Tips Penggunaan Ban Motor


Ban merupakan salah satu bagian motor yang sangat penting namun biasanya kurang diperhatian para pengendara. Hal pertama yang perlu diketahui adalah memilih ban dengan tipe pattern / kembangan  dan ukuran yang sesuai  aplikasi motor. 

Penggunaan ban yang tidak sesuai akan mengakibatkan ketidak nyamanan, bahaya bagi pengendara motor, dan kerusakan yang tidak normal. Selain itu membebani motor dengan berat berlebihan akan mengakibatkan kerusakan ban. 

Kebiasaan menambah kecepatan tiba-tiba dan mengerem mendadak selain memboroskan bahan bakar akan membuat ban cepat habis.



Agar ban berfungsi maksimal, keausannya merata, dan bertahan lama, periksa tekanan angin secara teratur serta disesuaikan dengan rekomendasi pabrikan motor.

 Membersihkan kerikil dan benda lain yang terselip di alur ban akan menghindarkan dari kerusakan. Karena ban terbuat dari campuran karet dan berbagai bahan kimia, hindarikan ban dari minyak, bahan kimia yang merusak, panas berlebih, dan benda-benda tajam.


Gbr.2

Pastikan selalu ban masih layak digunakan dengan memeriksa batas keausan ban ditandai lambang D pada bagian samping ban ( lihat Gbr.2 ). 

Segera ganti dengan ban baru bila kedalaman alur ban tersisa 0,8 mm. Gunakan ban TUBELESS yang merupakan perpaduan desain dan teknologi terkini dengan performa terbaik, fungsi otimal, daya tahan tinggi, jarak tempuh maksimal, dan tampil dengan gaya yang khas.

Oke Bro biker.........good luck semoga bermanfaat.







Comments

  1. Artikel sangat berguna untuk pengetahuan biker tentang ban motornya......Siiippp

    ReplyDelete
  2. Mohon infonya,
    saya sudah pakai ban michenlin depan 110/70, ban belakang 130/70 velgpun sudah sy ganti sesuai ukurannya, merk axio. tp yang kemudian muncul masalah ketika posisi rem di speed 50 kpj ban kebanting.. apa sebenarnya penyebabnya, dan apa solusinya, mtor sy ninja RR 150

    ReplyDelete
  3. Mantap gan. Bisa ane jadikan pertimbangan buat motor ane...
    Regard, Modifikasi Motor.

    ReplyDelete
  4. Buat Bro Terimakasih atas komentarnya

    ReplyDelete
  5. Buat Bro Erwin yang dimaksud ngebanting mungkin ban depan meleset ya..?
    seharusnya dengan size tersebut tidak ada masalah,bila :

    1. Size Velg mendukung dengan size Ban biasanya klo modif yang Velg belakang pake 4" biar keliatan lebar, cuma harus diperhatikan juga jangan sampe mentok swing arm atau spakboard.
    2. coba cek tekanan angin apakah sudah sesuai biasa depan 28-30 Psi belakang 30-33 Psi.

    ReplyDelete
  6. baru tahu gan klo ban punya tanda keausan...
    ga pernah perhatiin sebelumnya
    thank's infonya

    salam kenal, ditunggu kunjungannya

    ReplyDelete
  7. All Bro Biker thanks alot komennya ,semoga infonya bermanfaat

    ReplyDelete
  8. Mau tanya2 seputar ban nih.
    mau ganti ban bagus yg tubeless apa yg pakai ban dalam ya?
    Ada yg blg ban tubeless krg bagus di banding yg pakai ban dalam.

    Nah sekarang saya mau tnya sama yg ahlinya dan pengalaman...

    Biar gak salah pilih ban nih..

    Kalo ban tubeless bagus hrs yg merek apa ya? Motor saya mio J, utk ban depan hrs ukuran apa dan belakang ukuran ban'y?

    Tq b4..

    ReplyDelete
  9. Bro Cahyo Angkasa

    Silahkan baca dipembahasan
    Jumat, 08 Juni 2012

    Perbedaan Ban Tubless dan Ban Biasa (Tubetype)

    Untuk ukuran normal Mio depan 70/90-14,untuk ban belakang 80/90-14
    bisa di upsize sampai 2kali lebih besar dari ukuran normal....

    Thanks

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

ISTILAH DALAM PRODUKSI KOMODITAS IKAN

Istilah-istilah Dalam Produk Ikan 1. WGGS (Whole Gilled Gutted Scalet) yaitu, ikan utuh yang disisik isi perut dan insangnya dihilangkan. 2. WGG (Whole Gillet and Gutted) yaitu, ikan utuh yang insang dan isi perut dihilangkan. 3. WG (Whole Gutted) yaitu, ikan utuh yang isi perut dihilangkan. 4. WGG Skinless, yaitu produk utuh yang insang, isi perut dan kulit di buang. 5. WR (Whole Round), yaitu ikan utuh. 6. HGT (Headless Gutted and Tail Of), yaitu kepala, isi perut dan ekor di buang. 7. HL and G/HG (Headless and Gutted), yaitukepala dan isi perut di buang. Macam-macam Fillet 1. Skin On Bone On, yaitu Fillet yang kulit dan tu8lang masih ada. 2. Skin On Bone Less, yaitu Fillet yang kulit masih ada tetapi tulang tidak ada. 3. Skin Less Bone Less, yaitu Fillet yang kulit dan tulang tidak ada. 4. Skin One Bone On Belly On, yaitu Fillet yang kulit, tulang dan perut masih ada. 5. Skin On Tail On, yaitu Fillet yang kulit dan ekor masih ada. Terimakasih semoga menam...

PERBEDAAN ANTARA IKAN PELAGIS & IKAN DEMERSAL

Perbedaan antara Ikan Pelagis dengan Ikan Demersal Ikan demersal adalah jenis ikan yang habitatnya berada di bagian dasar perairan, dapat dikatakan juga bahwa ikan demersal adalah ikan yang tertangkap dengan alat tangkap ikan dasar seperti trawl dasar (bottom trawl), jaring insang dasar (bottom gillnet), rawai dasar (bottom long line), bubu dan lain sebagainya.Ikan tersebut antara lain : kakap merah/bambangan (Lutjanus spp), peperek (Leiognatus spp), manyung (Arius spp), kurisi (Nemipterus spp), kuniran (Upeneus spp), tiga waja (Epinephelus spp), bawal (Pampus spp) dan lain-lain. Ikan pelagis adalah kelompok Ikan yang berada pada lapisan permukaan hingga kolom air dan mempunyai ciri khas utama, yaitu dalam beraktivitas selalu membentuk gerombolan (schooling) dan melakukan migrasi untuk berbagai kebutuhan hidupnya. Ikan pelagis berdasarkan ukurannya dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu Ikan pelagis besar, misalnya jenis Ikan tuna, cakalang, tongkol, dan lain-lain, sert...

KOMODITAS EXPORT GURITA YANG MENDUNIA

Besarnya potensi kelautan Indonesia merupakan peluang untuk meningkatkan penjualan hasil laut di manca negara,salah satunya yang sangat berperan adalah hasil laut Gurita. yang juga merupakan hasil laut yang cukup banyak diperairan Sulawesi. Spesies dengan nama latin Octopus Vulgaris ini saat ini menjadi idola untuk pasar Amerika dan Eropa yang sebagian besar di supply oleh Exportir Sulawesi Selatan. Kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan dalam upaya pemberantasan IUU Fishing terbukti dapat meningkatkan ketersediaan gurita di alam yang berujung pada meningkatnya hasil tangkapan nelayan gurita. Kepala BIKPM Makassar, Sitti Chadidjah, mengatakan bahwa volume ekspor gurita periode Januari hingga Oktober 2017 mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Balai Besar KIPM Makassar mencatat volume export gurita telah mencapai 1.891 ton dengan negara tujuan utama adalah Amerika Serikat (46,5%) dan Italia (22,1%). Selain itu, peluang export gurita yang juga cukup baik...