Pilih ban tipe Bias atau Radial ?
Ban tipe Bias adalah ban dengan plycords berbentuk diagonal yang diperkuat dengan lapisan kabel nilon sebagai penguat. Contoh ban tipe Bias Adalah Battlax BT 45 dan BT 39. Ban tipe Radial memiliki jalinan plycord yang membentang dari satu bibirban ke bibir ban seberangnya. Jalinan Plycord juga di perkuat oleh sabuk kawat logam. Contoh ban tipe Radial Adalah Battlax BT 92, BT 90 dan IRC Road Winner RX 01.
Pengujian yang dilakukan oleh pihak Bridgestone ini menggunakan ban mobil tipe S322 145/70-12 (tipe radial) dan SKHX 5,65-12 (tipe bias). Dan hasilnya adalah :
Ban tipe bias memerlukan jarak pengereman yang lebih jauh dari pada ban tipe radial . . . sehingga ban radial lebih safety. Saat melakukan belokan menikung deformasi area kontak ban dengan jalan pada bentuk ban radial menyebabkan sudut rebah maksimal dimana motor akan slip (slip angle) dengan jalan akan semakin kecil. Sedangkan pada ban jenis Bias pada gaya sentrifugal yang sama sudut rebah lebih besar . . . atinya dengan ban radial berbelok bisa lebih akurat . . . tau ndiri kan kalo motor sport butuh rebah agar bisa menikung dengan baik dan cepat saat Race.
Selain itu karena lapisan kawat logam, ban tipe radial lebih kuat menahan handicap tajam yang merintangi macam pecahan gelas, paku dan lain lain. Kalo ban tipe bias yang pakai nilon . . . bila nilonnya putus maka ban bisa benjol-benjol nggak beraturan Lalu Pemakaian ban radial bisa memperirit konsumsi BBM sampai 5 % pada kecepatan 80 km/jam karena koefesien gesekan saat berputar (rolling resistance) nya yang lebih kecil dibanding ban tipe bias. Area tapak dari ban tipe radial lebih luas dari pada tipe bias sehingga memperkecil kemungkinan slip dan hilangnya power sia-sia karena slip . . . dan karena lebih kuat disebabkan kawat logam ban ini lebih tahan lama . . . semoga berguna
pak jendral, artikel mantap dan lengkap dengan gambar, jadi enak bacanya....
ReplyDeleteOke Bro Sip thx
Delete