Bro Biker Jangan anggap sepele dalam urusan merawat tekanan ban motor biker. Dampak terburuk yang bisa
disebabkan dari kelalaian ini bisa sangat mengancam keselamatan biker ketika
berkendara. Padahal hanya butuh waktu beberapa menit saja untuk sekedar
melakukan pengecekan rutin terhadap tekanan ban motor yang akan ditunggangi.
Berkendara
pada saat kekurangan tekanan angin ban sangat tidak dianjurkan. Sebaiknya
langsung cepat dibawa ke bengkel ban atau SPBU terdekat untuk segera ditambah
tekanan anginnya. Karena berkendara pada saat kekurangan tekanan angin ban bisa membuat ban
pecah terutama
pada saat siang hari, karena faktor cuaca yang panas.
Selain itu tekanan
angin yang kurang akan menyebabkan ban akan habis tidak merata di bagian sisinya.
Sementara tekanan angin yang melampaui batas normal juga tidak dianjurkan.
Banyak yang beranggapan bahwa tekanan angin ban berlebihan akan membuat motor
enteng untuk melaju, tetapi berbahaya saat memasuki tikungan akibat dari ban
yang tidak semua permukaan menyentuh aspal. Selain itu, ban akan cepat habis di
bagian tengah.
Lalu kapan saat
yang paling disarankan untuk melakukan pemeriksaan tekanan angin ? Waktu yang
paling tepat adalah di saat ban sudah menjadi dingin, baiknya periksa tekanan ban hal
ini dilakukan di pagi hari di saat kendaraan sudah berhenti tidak dipakai
semalam.Cek secara teratur tekanan angin ban motor anda sesuai rekomendasi pabrikan yaitu berkisar antara 29 psi - 33 psi untuk ban depan dan belakang motor anda.
Untuk ban yang masih baru diwajibkan untuk mengecek tekanan angin ban
secara rutin setiap hari, sebelum ban mencapai jarak tempuh 3000 km. Hal ini disebabkan karena ban
yang masih baru cenderung memuai dan bertambah volumenya. Sehingga tekanan
angin pada ban pastinya akan menurun. Untuk itulah rajinlah melakukan
pengecekkan tekanan angin ban baru.
Luangkan
juga waktu untuk memeriksa terhadap kebocoran udara dari pentil, jika hal ini terjadi maka gantilah valve
core nya. Valve
core adalah katup yang berada di dalam pentil yang berguna untuk memasukkan
udara saat di pompa dan menutup saluran bila angin di dalam ban mau keluar.
Jika valve core rusak, maka akan terjadi kebocoran dalam pentil. Cara
pemeriksaan kondisi valve core adalah dengan memberikan air pada pentil, jika timbul
busa pada air tersebut , berarti valve core telah rusak. Dan hal terakhir yang
sering pengemudi tidak perhatikan adalah tidak adanya tutup pentil. Jangan
sampai ban sepeda motor tidak memiliki tutup pentil !
Pertimbangkanlah
untuk menggunakan Nitrogen. Saat ini pengisian menggunakan Nitrogen sudah
sangat umum dijumpai di berbagai tempat. Meskipun harganya cukup mahal namun
itu sebanding dengan kualitas yang akan kita dapatkan yakni tekanan angin ban
yang berumur lebih panjang.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteHallo . saya mau tanya
ReplyDeletepemeriksaan tekanan angin ban apakah memang harus di lakukan setiap hari? dan untuk tekanan angin ban dunlop kira-kira berapa psi ya untuk ban depan dan ban belakang ?
tekanan angin minimal 1 minggu sekali di periksa, tapi kalo berasa kempes sih cek aja. kalo pake ban ban tubeless dunlop malah aman..
ReplyDelete