Skip to main content

NITROGEN PENTING UNTUK BAN SEPEDA MOTOR




Pentingnya Pengisian nitrogen untuk ban sepeda motor banyak kontradiksi yang beredar oleh para biker, oleh sebab itu bagi yang merasa biker n' masih suka naik kuda besi.....Cekibbbrrrooootttt


Khusus untuk sepeda motor, masih banyak anggapan kurang tepat terkait dengan nitrogen. Berikut anggapan tersebut dan kenyataan:

1. Nitrogen tidak bisa dipakai pada pelek jari-jari . Fakta, justru membuktikan, dengan nitrogen pelek tidak cepat berkarat.

2. Dengan mengisi nitrogen, ban jarang kempes. Asumsi tersebut benar. Kandungan air pada nitrogen sangat rendah sehingga tekanan bisa stabil pada berbagai kondisi (suhu).

3. Ban lebih awet. Benar! Hal tersebut diperoleh karena tekanan ban stabil, tidak mudah memuai dan benjol karena benturan. Keretakan pada ban bisa diantisipasi

4. Nitrogen hanya untuk ban tubeless. Salah! Pada dasarnya semua jenis ban membutuhkan tekanan yang stabil. Ban dengan ban dalam justru lebih cocok menggunakan nitrogen yang stabil atau tidak akan memuai.

5. Nitrogen membuat sepeda motor ringan. Tidak sepenuhnya benar! nitrogen lebih ringan 5% dari udara biasa.




Tips1. Ketika akan mengisi nitrogen (pertama kali), buang dulu angin yang lama secara menyeluruh. Tujuannya untuk mencegah molekul gas yang tediri dari berbagai unsur dengan nitrogen. Kalau nitrogen bercampur dengan udara biasa, menyebabkan tekanan ban kurang stabil. Sebaiknya kuras secara manual dengan membuka tutup pentil dari ban. Alat untuk membuang angin biasanya digunakan oleh usaha jasa pengisi nitrogen.

2. Tekanan nitrogen pada ban, berkisar 31-33 Psi. Sesuaikan tekanan dengan medan yang akan dilalui. Jika banyak lubang dan panas, tekanan sebaiknyadikurangi.

3. Periksa tekanan setiap 5-7 hari. Lebih baik menguras total nitrogen ketimbang hanya menambah saja.

Comments

Popular posts from this blog

ISTILAH DALAM PRODUKSI KOMODITAS IKAN

Istilah-istilah Dalam Produk Ikan 1. WGGS (Whole Gilled Gutted Scalet) yaitu, ikan utuh yang disisik isi perut dan insangnya dihilangkan. 2. WGG (Whole Gillet and Gutted) yaitu, ikan utuh yang insang dan isi perut dihilangkan. 3. WG (Whole Gutted) yaitu, ikan utuh yang isi perut dihilangkan. 4. WGG Skinless, yaitu produk utuh yang insang, isi perut dan kulit di buang. 5. WR (Whole Round), yaitu ikan utuh. 6. HGT (Headless Gutted and Tail Of), yaitu kepala, isi perut dan ekor di buang. 7. HL and G/HG (Headless and Gutted), yaitukepala dan isi perut di buang. Macam-macam Fillet 1. Skin On Bone On, yaitu Fillet yang kulit dan tu8lang masih ada. 2. Skin On Bone Less, yaitu Fillet yang kulit masih ada tetapi tulang tidak ada. 3. Skin Less Bone Less, yaitu Fillet yang kulit dan tulang tidak ada. 4. Skin One Bone On Belly On, yaitu Fillet yang kulit, tulang dan perut masih ada. 5. Skin On Tail On, yaitu Fillet yang kulit dan ekor masih ada. Terimakasih semoga menam...

PERBEDAAN ANTARA IKAN PELAGIS & IKAN DEMERSAL

Perbedaan antara Ikan Pelagis dengan Ikan Demersal Ikan demersal adalah jenis ikan yang habitatnya berada di bagian dasar perairan, dapat dikatakan juga bahwa ikan demersal adalah ikan yang tertangkap dengan alat tangkap ikan dasar seperti trawl dasar (bottom trawl), jaring insang dasar (bottom gillnet), rawai dasar (bottom long line), bubu dan lain sebagainya.Ikan tersebut antara lain : kakap merah/bambangan (Lutjanus spp), peperek (Leiognatus spp), manyung (Arius spp), kurisi (Nemipterus spp), kuniran (Upeneus spp), tiga waja (Epinephelus spp), bawal (Pampus spp) dan lain-lain. Ikan pelagis adalah kelompok Ikan yang berada pada lapisan permukaan hingga kolom air dan mempunyai ciri khas utama, yaitu dalam beraktivitas selalu membentuk gerombolan (schooling) dan melakukan migrasi untuk berbagai kebutuhan hidupnya. Ikan pelagis berdasarkan ukurannya dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu Ikan pelagis besar, misalnya jenis Ikan tuna, cakalang, tongkol, dan lain-lain, sert...

KOMODITAS EXPORT GURITA YANG MENDUNIA

Besarnya potensi kelautan Indonesia merupakan peluang untuk meningkatkan penjualan hasil laut di manca negara,salah satunya yang sangat berperan adalah hasil laut Gurita. yang juga merupakan hasil laut yang cukup banyak diperairan Sulawesi. Spesies dengan nama latin Octopus Vulgaris ini saat ini menjadi idola untuk pasar Amerika dan Eropa yang sebagian besar di supply oleh Exportir Sulawesi Selatan. Kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan dalam upaya pemberantasan IUU Fishing terbukti dapat meningkatkan ketersediaan gurita di alam yang berujung pada meningkatnya hasil tangkapan nelayan gurita. Kepala BIKPM Makassar, Sitti Chadidjah, mengatakan bahwa volume ekspor gurita periode Januari hingga Oktober 2017 mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Balai Besar KIPM Makassar mencatat volume export gurita telah mencapai 1.891 ton dengan negara tujuan utama adalah Amerika Serikat (46,5%) dan Italia (22,1%). Selain itu, peluang export gurita yang juga cukup baik...